Saturday, October 16, 2010

Sai = 1

Mungkin sedikit yang mengetahui bahasa daerah..

Apa lagi di Indonesia..

Bahasa Indonesia ajah udah pada ga bener..

Bahasa daerah ada bejibun banyaknya..

Tiap kampong kayanya ada..

Udah kaya akua gelas dijual dimana- mana(lebai juga)..hho


 

Daerah yang gwe hinggapi sekarang adalah lampung..

Pada tau kan gwe disini mencari ilmu di universitas lampung ini..bertapa selama 5 tahun untuk mendapatkan ilmu pengobatan yang handal agar menjadi tabib sakti mandra guna yang tidak mempan di bacok, ditembak, di jatohin kelaut..hho..


 

Kaya biasa kalo kita bergerak dari satu tempat ketempat lain tentu saja kita akan mendapatkan adat lain selain daerah kita..

Mau ga mau gwe dihadapkan dengan masalah bahasa..

Karena pertama- tama gwe menganggap lampung sebagai tempat pedalaman dimana tehnologi mutahir tidak dapat ditemukan..

Yang gwe anggap sebagai pedalaman Sumatra..

Bahkan dalam bayangan ketika kesini difikiran hanya ada sekolah gajah..

Kuliah bareng gajah..

Main bola bareng gajah..

Bersahabat dengan gajah..

Pacaran ama gajah..(lhhooo?!)..


 

Ternyata semua yang gwe anggap tidak benar..

Salah..

Salah besar..

Besar banget..hho

Disini masih ada manusia..

Masih ada tempat kuliah..

Bahkan gwe belom pernah liat gajah dilampung..

Jadi tolong buat temen- temen gwe yang Tanya- tanya tentang gajah..

Gwe ajah kaga tau wujud gajah lampung kaya gimana..hho..

Gajah itu hanya ada dilegenda dan di cerita dongeng atau pun fabel untuk anak- anak..hho


 

Disini juga masih menggunakan bahasa Indonesia..

Tapi tetep..

Bahasa campuran..

Tetep ada bahasa daerahnya..

Mau ga mau gwe sebagai mahluk berpendidikan yang mencintai ilmu pengetahuan dan juga pembela kebenaran, keadilan dan membasmi kejahatan,, cieeeeeeeeeeee..

Harus belajar bahasa minimal disini..

Seperti kata propesor yang ampe sekarang gwe ga tau namanya..

Ia menyebutkan:


 

`jika mau belajar bahasa, pelajarilah bahasa- bahasa kasar terlebih dahulu`


 

Okeh, karena pendapat propesor gwe hargai itu..hho..

Walaupun gwe ini anak alim, berbudi luhur ga suka ngomong kasar..hhai dusta banget kayax..


 

Gwe apalin bahasa lampung yang kasar,,

Mulai dari kamp*ng, temp*,buy*n..dan lain –lain..

Gwe udah lancar banget ngomong kotor kaya gini..hha..

(untuk anak yang baik jangan ditiru yah)hho..

Kalo dipikir- pikir kenapa bahasa kasar yang harus diapal duluan..

Kata- kata kasar ini merupakan kata- kata yang yang mudah dihapal, mudah diucapkan ,Nyaman diucapkan dan sering terdengar sehari- hari..

Apa lagi kalo temenan ama Topan, kalo topan sehari ga ngomong kotor kayanya tu anak bakal kejang sambil kayang..hho..

Jadi bakal lebih cepet buat ngapalin kata- kata kaya gini..hhai


 

Selain kata- kata kasar gwe ketika masuk baru berapa minggu disini dikasih kata- kata wewejangan super duper sakti dari kaka tingkat..


 

Sai kedoktekhan sai..

Satu kedokteran satu..


 

Di sini merupakan kata- kata yang sangat bermakna..

Bukan hanya menyatukan kedokteran..

Bahasa lampung memiliki makna yang sangat mendalam dan mendasar..

Anjir lebay gwe mulai keluar..hho


 

Berdasarkan teori temen gwe..

Raden Adityo HPP..

Ditambah dengan analisis data yang gwe lakukan didapatkan kesimpulan..


 

Sai = Satu, berdasarkan bahasa lampung- indonesia

Sai = say, berdasarkan pengucapan lampung- Indonesia, ataupun speling inggris..

Say = sayang, berdasarkan singkatan sms anak alay jaman sekarang, itu lho orang- orang dengan rambut pirang matahari dengan gaya belah pinggir ala kangen band dan mau ngikutin gembel style gwe..hho


 

Maka berdasarkan keterangan tersebut dapat di artikan..


 

Satu = sai =say =sayang,

Persamaan ini didapat dari keterangan diatas..


 

Satu = sai =say =sayang,

Ini berdasarkan tehnik matematika gaul yang pernah gwe pelajari..


 

Lalu didapatkan hasil..

Satu = sayang


 

Dalam bahasa lampung yang begitu banyak makna dan inti..cieelah..

Menyatakan bahwa sai adalah sayang dan sai adalah satu. Maka dari itu..


 


hanya ada satu yang disayang..


 

Huahaha..

Agak maksa sebenernya tapi emang itulah kenyataan itulah kebenaran..

Ingat kata pawerenjer,

ingat kata kesatria baja hitam..

ingat kata upin- ipin..

kebenaran harus ditegakkan..hho

(kebetulan penulis lagi kasmaran aja nulis kaya gini)..

Hho..


 

Inilah hidup..

Buat yang najis mau muntah baca blog gwe yah gapapa..

Dipersilahkan untuk mengambil keresek masing- masing dan muntah di tempat yang telah disediakan oleh panitia..

Hho..


 

Maklum c baru jadi..

Masih anget- angetnya..

Jadi agak gimana- gimana gitu..hhe


 

Intinya jangan meremehkan bahasa- bahasa daerah..

Bahasa lampung ajah memiliki begitu banyak arti yang sangat- sangat gimana gitu..hho

*sebenernya ga nyambung tapi mau gimana lagi gwe lagi kasmaran..wkwkwkwkwk


 

Note:

I lop u

I mis u

I nid u

Cintya naya danastri


 

Semoga kita langgeng yah..

..Never end love..

Endless love


 


 

071010