Tuesday, February 19, 2013

KKN dimulai





KKN sebenernya udah dimulai dari sebelom gue berangkat ke mesuji..
Banyak yang menjadi korban yang hamper tewas bergelimpangan dikarenakan berbarengan SP NBSS..
Apa itu NBSS??
Okeh NBSS merupakan blok paling mematikan, membunuh, paling sakti merupakan yang paling dari yang paling- paling.
Singkatan dari neuro behaviors sensory system..
Ini merupakan blok yang membahas tentang syaraf serta system panca indra yang membuat syaraf dan panca indra kita menjadi kacau..
Selain membuat kepala kaya di gonjang ganjing SKSnya juga banyak banget ampe 13..
Kalo dapet kecil ini udah jatohin IPK banget..
Selain itu juga selain jatohin IPK rasanya pingin jatohin diri juga ke jurang..
Blok ini menelan korban sekitar 40 orang yang mengikuti SP..

Nah di selasela KKN ini diwarnai oleh orang orang yang SP NBSS..
 Terlihat orang orang orang yang ikut SP ini dengan ciri ciri:
1.         Mata sayu bahkan terkadang ada kantong matanya.. dikarenakan waktu tidur yang kurang..pandangan kosong, melihat kelangit luas seolah olah ingin menjadi burung yang terbang diangkasa dengan bebasnya..(pokonya kaya pemakai semua lah kalo gua liat)
2.         Tangan kiri memegang tangan kanan buat yang kidal sebaliknya..terkadang memijit mijit supaya lebih mendingan..dikarenakan semaleman nulis ga berenti- berenti..
3.         Terkadang suka ngeliat bawa kertas polio kemana- mana. Di tambah buku- buku nantebel yang selalu dibawa dimanapun kapanpun..
4.         Tingkat emosi yang lumayan tinggi dikarenakan rasa lelah berkepanjangan..
5.         Sering berkata..`kapan libur`..`biarin gue istirahat sebentar`..`kapan ini berakhir`..buat yang udah stress banget bakal bilang `kalo belom SP NBSS berati belom berasa SPnya`mereka udah mengalami tahap pencucian otak kaya di kamp konsentrasi nazi..naasnya nasib mereka..

like this ...



Di selasela SP ini orang orang KKN malah buat acara yang entah apa..
Kita dikumpulin bareng- bareng yang gatau ngebahas apa, ngomongin apa..
Pokonya geje lah..
Ada yang slidenya ga pindah pindah malah cerita tentang molen..
Si bapa molen sedunia itu malah ga jelas ngomongin apah..
Yang gue tangkep dia buat molen kaya bayi di bedong  trus harus bersungguh- sungguh..
Jadi intinya harus sungguh sungguh bedong bayi biar bisa dimakan kaya molen..hhe
Sisanya si bapak molen sedunia itu berceramah gue cuma mengawang ga jelas pikiran kemana sambil liatin yang lain ada yang tidur ada yang kerjain SP ada yang maen HP..
Ada lagi bapak yang menjelaskan entah tentang apaan..
Pas gue Tanya gimana cara ngerjain LRK(laporan rencana kerja) kalo wajib make izin sedangkan disana ga ada listrik..
Trus dia malah jawab`yah tenang ajah disana  kalo gaada listrik desa lain mungkin ada listrik`
Trus gue jawab `gimana kalau ternyata ga ada?ternyata listrik ga ada dan ternyata jarak ke tempat lain jauh?`
Dia malah bilang `yah kalian berusaha donk, pasti bisa ke tempat lain, kalo kalian berusaha pasti bisa ko!!`dia pake nada kesel..
Gue juga kesel gue tapi diem ajah..
Pengen rasanya gue bilang kedia..
`biasa ajah lu jangan nyolot, gue nanyanya kan biasa`
Dia liat gue trus Tanya ke gue..`emang kamu dimana?`
Gue Cuma jawab`desa tirta laga, Mesuji`
Dia Cuma diem..
Trus beberapa waktu kemudian dia ngomong..`oh Mesuji, yah emang susah kalo disana`
Trus dia lanjutin ngomong abis dia tecup`yah siapa tau bisa ke desa lain paling 40km, disana ada ojek ko`
Dalam hati gue bilang`ketek lu berusaha, ketek lu ketempat lain, ketek lu paling 40km..lu kira deket, lu kira sapa yang milihin ini tempat, lu kira kalo gue naek ojek di bayarin unila, dasar bapak ini pasti manusia ketek..`
Ahh c bapak ini Cuma bisa ngomong ajah nih ga asik, ditanya juga tecup begitu gue sebut nama tempat. Dasar tecup..hha

Ada kasus lain yang gue tangkep dari KKN ini..
Yang kita beri penyuluhan walau orang yang menurut kita orang kampong ndeso tapi mereka ga miskin boy..
Inget orang Indonesia banyak yang kaya tapi lebih banyak lagi yang miskin..hha
Malah di lampung barat di liwa tempatnya gali ada kata- kata..
`kalo anak SD boleh bawa mobil. Mereka bawa, Cuma ga boleh ajah`
Mati.. anak SD mau bawa mobil disana..
Kalo beneran bawa mah berati orang sana udah ada uang buat belinya berati mereka ga semiskin yang kita kira ga se ndeso yang kita kira ga seperti yang kita pikirkan selama ini..
Pedalaman bukan buat orang miskin bos..

Pokonya pembekalan yang ga mining banget dah..
Prinsip ntah apalah yang dijelasin..
Plisdonk gue ga butuh banget info kaya gitu, tlong yah eloh eloh eloh jangan ngabisin waktu gue buat ngejelasin hal ga penting..
Urusan gue masih banyak banget yang urgent..
Jadwal meeting gue, suting gue padet banget..azheeeeeeeey..
Malah bilang
`KKN akan membuat pemimpin masa depan dengan lebih baik dengan mengetahui dan merasakan kehidupan masyarakat bawah, sehingga mengurangi korupsi, orang- orang diatas tidak mengerti karena tidak merasakan kehidupan masyarakat bawah`
Oh shit men..
Dia bawa bawa korupsi..
Tapi pliss donk para pemberi pembekalan ini melupakan sesuatu..
Suharto itu tau banget dan udah ngerasain kehidupan masyarakat bawah, dia juga udah ngerasain pahitnya jadi anak petani, susahnya hidup, susahnya makan. Tapi dia menjadi koruptor numero uno..
Dan ada wakil walikota bogor yang tadinya tukang apalah itu lupa..ujung ujungnya sama ajah korupsi juga..
Trus band kesayangan gue yang pokalisnya sama ama saksuke, kangen band itu aslinya tukang cendol tapi tetep ajah dia jelek..eh bukan maksudnya dia itu narkobaan(gila seenak jidat gue nambahin imbuhan)..

Jadi kalo mau memberi pernyataan buat para pembekal jangan setengah- setengah, pake bukti yang nyata buktikan di penelitian kalo perlu pake statistic bener ga sih yang ikut KKN lebih baik..
Mungkin yang mau skripsi boleh bikin judul
``hubungan KKN dengan peningkatan moral, etika, estetika, serta kepedulian pada pejabat``

Para pengisi pembekalan cenderung ngasih teori yang ga gue pake..
Ato entah  gue yang ga dengerin..hhe
Tapi ketika gue Tanya secara lebih mendetail gaada yang tau..
Gue Tanya gimana topografinya, siapa kontak person orang sananya, gimana keadaan kesehatannya, mana perwakilan puskesmasnya, penyakit apa yang sering disana, bahkan perwakilan kecamatannya ditanya ditanya ada listrik ato enggak ajah ga tau, gaada yang tau, semua dijadiin misteri..
Apa mungkin sengaja..
Biar kita jadi penasaran degdeg ser gitu??<-geje
Semoga kalo masih dilanjut taun depan ada pengawasan pra KKN doank jadi jangan Cuma omong bau doank di depan tentang prinsip entah apa yang sama sekali ga akan kepake di lapangan..
Karena sekali lagi KKN ini kan pembentuk watak, yang di kasih di pembekalan harusnya bener- bener ngasih bekal jangan Cuma ngomong geje tapi kasih info yang guna donk..
 24092011
Ini adalah pemikiran gue ketika itu
Sebelbelbelbel
Kkn ketek bau..

Sebelum Terasingkan




Hhh.. ini gue tulis pas banget pas gue baru nyampe..
Pas nyampe gue langsung datengin lepi gue, gue kangen banget ma si lepi..
Gue angkat, gue peluk..
Gue gendong –gendong..
Udah kaya apa aja deh..huff..
Lepiku sayang kamu pasti selama aku di sana kamu kesepian..
Sendirian, gaada yang nemenin kamu..
Aku takut kamu digangguin semut, kecoa, cicak, laba- laba..
Untung kamu baik- baik ajah..hiks..

Okeh sentimental kekangenan gue akan si lepi ditunda dulu..hhe..
Gue bakal certain kisah gue dalam pengasingan..

Begini ceritanya….
Wussss..(efek horror, ceritanyamah ada angin bertiup dengan bau khas keteknya genderuwo, yang biasa dibilang kemenyan)

Hari- hari dikampus memang sibuk, selalu begitu..
Entah ada yang mengurus ujian, mengurus praktikum, kuliah, ada yang sibuk pacaran (ehmm..), dan sebagainya..
Sekarang di FK lagi bener- bener suasananya penuh dengan gossip akademis..
Petinggi baru mulai memperhatikan rakyat jelata yang tertindas seperti kami..
Nilai sudah memakai system range(tetep ajah nilai gue ga gede-gede amat)..
Dan yang mencengankan, bombastis..apatis..kudis..kurap..kutu air adalah..
Kita ada SP..
Wow..
SP..
Sekali lagi biar dramatis gue sebut lagi eSPe..
Semester pendek, ini mengkin buat orang biasa ajah, garing ato apalah..
Tapi buat gue, buat temen- temen seperjuangan gue ini special banget make telor make cabe, di kasih sambel terasi..
Pokonya inilayaknya embun dipagi hari, seperti matahari yang memerah di senja yang wow bangget..
Wowwwwwwwwwwwwwww..

Maklum sebagai anak FK gaul yang baru KBK kita ga dapet system SP..
Kita kalo nilai kenapa- kenapa yah hidup gue taruhannya..
Tapi- tapi-tapi..
Sekarang semua berubah, kebijakan ini seperti reformasi bentuk perhatian yang sangat besar dan..asoy banget dah..hhe

Tapi..
Eng ing eng..
Kaya kalo di pelem- pelem, kalo jagoannya lagi muncul tiba- tiba muncul lah raja jahat..
Siapakah raja jahat itu??
Siapa??
Ada yang tau??

Raja jahat itu adalah KKN..


Dasar padahal setelah masa soeharto KKN mulai diberantas, bahkan ada KPK buat memebrantas KKN.
Tapi kenapa masih ada??kenapa ayo??
KKN ini adalah kuliah kerja nyata..
Kenapa gue bilang raja jahat..
Ini dikarenakan si KKN ini jahat, dia mengambil waktu gue yang sangat berharga, gue baru seneng mau sukuran dapet SP(kalo nilai jadi bagus), eh ternyata si KKN gangguin gue..
Ini kesempatan SP terakhir..
Dan baru ada sekarang..
Gimana ga sewot gue..
Gimana ga emosi..
Gimana ga..
Gimana ga..
GIMANAAAA..
Gue speechless..
TOLONG KKN JANGAN GANGGU GUE, GUE LAGI MAU SP..

Dimulai dengan pembayaran 400rebu..
Wow dana yang lumayan menurut gue..
Karena itu udah hampir sama ama uang bulanan gue..
Apa lagi buat yang biasa makan kolek sandal..
Yang tiap hari ngemilin beling..(ini orang susah ato lagi kuda lumping)
Duit 400rebu itu, BANYAK BANGET..

Ampe sekarang gue belom tau penjelasan duit itu buat pake apa ajah..
Entah penjabarannya gimana..
Sementara temen- temen gue ada yang tinggal dirumah disana masi bayar, makan juga masih bayar.
Jadi ga tau itu buat apaan..
Yah pikiran positip ajah mungkin beli baju KKNnya di distro jadi mahal banget..
Mungkin supir ama keneknya lagi butuh duit ato gimana lah..
Pokonya positip tingking aja dah..

Dan disuatu malam yang mencekam..
Gue lagi tidur tiduran di teras sambil guling- guling geje..
Akhirnya ada sms..
Liat berita KKN di XXX entah blog siapalah itu..
Sip pokonya gue dapet di Mesuji..

Apakah Mesuji itu??
Gue mah iah iah ajah dapet kabar di Mesuji..
Secara geografi gue ga diajarin daerah lampung itu yang mana ajah..
Mesuji adalah kabupaten baru, baru pecah dari Tulang bawang..
Entah dimana..
Katanya jauh banget..
Okehlah sip..

Gue Tanya- Tanya dimanakah teman- teman gue..
Apakah ada yang bernasib seBERUNTUNG saya??
Ternyata eh ternyata emang bener banget dah..
Pas gue Tanya temen gue Puspa(kebetulan tetangga)..
Dia ngesearcing dan dapet keterangan
`Mesuji merupakan daerah terisolir dan rawan kejahatan…blablabalbla..`
Hmm..
Bayangin ajah..
Diinternet Cuma ada keterangan kaya gitu..
TERISOLIR..
RAWAN KEJAHATAN..
Bener juga ngesearch masa gue kalah informasi..
Gue juga ga gaptek..
Gue kan canggih banget..azhayyy..
Dandandan..
Mbah Google bilang yang sama pas awal..
Hmm..
Mungkin Mesuji luas kali yah..
Gue search desa gue ajah..
`tirta laga`
Begitu tulisan gue di kotaknya cak gugel..
Cuma ada dikit banget informasi..
Info pertama sama ama kaya kata puspa..(entah kenapa info ini selalu muncul tiap gue search tentang Mesuji, bikin ilfil ajah)..
Info kedua..ada tulisan pencurian kendaraan bermotor, korban ditusuk hingga XX centimeter..disini gue tambah ragu..
Info ketiga..jembatan rusak parah tak bisa dilewati di buat jembatan darurat..dan ada potonya..
Tiga info ini udah cukup buat gue shock..
Dari info pertama udah gue bayangkan gue bakalan jadi mahluk paling kuper sedunia..
Gue ga tau lagi tanggal berapa(ini beneran terjadi walaupun dari sebelum berangkat kesana)..hhe
Gue juga bisa ga kenal ama dunia luar, ga tau gimana kabarnya anak KD, gimana nasibnya sahrini apa dia mudik ke sukabumi ato enggak, gue juga ga tau gimana kabar jupe, apa dia tetep bohai di bulan puasa..
Rawan kejahatan..hmm..
Gue udah pernah denger kata itu..
Lampung terkenal sebagai daerah yang emang rawan kejahatan..
Gue sebagi orang dunia persilatan yang gagah berani, perkasa, otot kawat tulang baja ga takut segala rintangan dan akan gue basmi semua dengan kapak naga geni 212..heahahaha..
Tetep ajah kayanya gue kesana bakalan di basmi ama kejahatan disana,,
Masalah motor??
Hehe..
Siapa takut..
Siapa juga yang mau bawa motor kesana..emang gue mau ngojek..gue disana mau KKN boy ga ngojek..
Jadi yang harus ati- ati disana tukan ojek..hho
Info ketiga, jembatan rusak..
Hmmmmm..
Nocomen lah, lumayan parah juga sih rusaknya katanya juga disana masih ada buaya..
Tapi kalo gaada gue mau buka usaha pelayaran getek disana..hha…

Pikiran gue mengawang kemana- mana..
Gue ga tau mau ngapain..
Rasanya mau bunuh diri..
Tapi ada kenyataan yang lebih pahit lagi dari semua itu..
Gue dijauhkan dengan..
Dengan..
Dengan.
Dengan naya..
Ahh..
Cedi..kan kangen..
Orang KKN ga pengertian ni..

13082011

Note:
Ini adalah pemikiran gue ketika mau berangkat..
Sebelsebelsebelsebel..