Wednesday, February 5, 2014

etika bergolput

Golput..

Apasih golput?
Golput itu singkatan dari golongan putih.yang kalau diartikan seseorang yang secara sengaja tidak memberikan suara pada suatu pemilihan. Dibilang putih mungkin karena warna putih sering disebut dengan warna netral.

Dalam suatu pemilihan hak warga untuk memilih. Dan golput pun memilih untuk didak memilih suatu pilihan. Kalau di ibaratkan dia ngikut aja. Atau idem.

Jumlah golput pun tinggi, pada pemilu 2009 jumlah golput atau yg dianggap golput mencapai 29,6 persen. Sedangkan pada pilkada untuk pemilihan gubernur maupun walikota 30-40%. Melihat hal ini kayanya bagus dibikin partai golput. Dibikin kotak kosong buat dicoblos supaya membedakan orang yang beneran golput atau orang yg ga sengaja golput..

Dan menurut survey yg ane lupa dari mana menemukan bahwa yg golput biasanya adalah orang orang dengan keadaan menengah keatas atau dengan intelektual tinggi..gue sebagai anggota dari partai golput dengernya bangga ajah..berati gue dianggap intelek..hho

Kenapa sih orang bisa golput?
Banyak alesannya.
Yang pertama. Karena seseorang melihat semua calon sama.orang kaya gini biasanya ga pernah main cari lima perbedaan dari gambar..seorang golput biasanya berpendapat semua calon itu sama sama baik..atau semua calon sama sama BURUK..ane masuk ke katagori yang pertama ini hhe.

Yang kedua. Karena mereka merasa pilihan dia ga ngaruh. Yah tapi kalo yg pikirannya kaya gitu sampe 30% jumlah penduduk beda ceritanya.

Yang ketiga. Karena ga peduli. Mau presidennya siapakek. Mau ga ada presidenkek. Yang penting ga ganggu hidup dia.. orang kaya begini biasanya sifatnya individualnya tinggi atau bias juga orang yang ga mau ambil pusing..

Bagaimana cara golput dengan baik dan benar?
Buat apa sih golput dengan baik dan benar? Karena buat gue..ini versi gue dzikrifishofa ganteng.. bahwa untuk golput itu ada etikanya.. Ada aturannya.. biar apa? Biar kita ga dimanfaatkan..

Yang pertama. Usahakan tetap datang ke tempat pemilihan. Buat apa?siapa tau kita bisa silaturahmi atau bisa ketemu cewe cakep sambil nanya mau milih siapa.dan yg paling penting agar surat suara yang tadinya punya kita tidak digunakan dengan sembarangan oleh orang tidak bertanggung jawab.

Yang kedua. Jangan tinggalkan kertas pilih dalam keadaan kosong. Kenapa?karena kita harus meninggalkan jejak kita sebagai seorang golput. Karena kertas kosong suci yang kita tinggalkan dengan tanpa noda akan mungkin dinodai oleh tangan tangan jahil.

Yang ketiga. Pada pemilihan sekarang balik ke masalalu dengan cara coblos. Beda dengan 2009. Jadi sarannya adalah Jangan Cuma nyoblos di dua tempat atau disembarang tempat. Kenapa? Pernah ada kejadian ketika pemilihan di lampung salah satu calon meninggal, terus pada pemilihan fotonya tetap dimasukkan*karena memang meninggalnya dekat waktu pemilihan. Dan ada 2 coblosan dianggap karena tembus ke yang satunya karena kertas pemilihan itu terlipat. Terus kalo disembarang tempat kalau masih dekat kadang dianggap sedikit melenceng.

Jadi gimana dong milihnya? Kalo menurut saya karena mengamalkan panca sila.dalam sila ke 5 ada keadilan social bagi seluruh rakyat Indonesia. Maka coblos lah semuanya. Bahkan lambing garuda pun kita coblos..

Pesan terakhir. Golput adalah pilihan akhir jika memang kita tidak bisa menemukan pilihan yang terbaik. Masih ada waktu buat menentukan pilihan. Tapi jika sampai detik akhir tetap golput dan tidak memilih. Ketika pemimpin yang memimpin diindonesia dzalim maka selain salah yang milih itu juga salah kita. Karena partai golput kita harusnya dapat mengubah keadaan negri ini..



Note. Blog gue udah sawangan ga pernah dikasih sentuhan cinta dari ane..